Renewable Energy merupakan topik menarik bagi peneliti ditengah permasalahan menurunnya ketersediaan Sumber energi Fosil dan meningkatnya kebutuhan energi. Perkembangan teknologi menjadi salah satu penyebab meningkatnya kebutuhan energi listrik tiap tahunnya.


Hal ini memberikan kontribusi yang cukup tinggi pada penggunakan sumber energi yang tidak dapat di perbaharui. Lebih dari 50% energi listrik di indonesia di pasok dari sumber energi fosil, sedangkan dari renewable energi hanya 14%.

Disisi lain ketersediaan sumber energi baru terbarukan di indonesia cukup melimpah, terutama hidro-energi. Ini merupakan peluang bagi peneliti untuk mengembangkan renewable energy untuk menghasilkan energi listrik. Dimana renewable energy ini pun menjadi salah satu tema penelitian yang dilakukan oleh Dosen Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Purwokerto Dandun Mahesa prabowoputra, S.T., M.T. Penelitian dilakukan menggunakan metode Computational Fluid Dynamics.

Penelitian dilakukan dengan cara melakukan modifikasi gemometri pada rotor savonius, dimana penelitian ini melanjutkan penelitian semasa menempuh kuliah magister. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bentuk desain rotor pada turbin air yang dapat memiliki performa koefisien Daya terbaik. Selain pada turbin savonius, penelitian juga dilakukan pada jenis turbin cross-flow, dimana meneliti pengaruh jumlah sudu dan sudut runner terhadap performa turbin.

Penelitian ini masih dilakukan pada tahap awal, dimana mengidentifikasi faktor-fator kan besarnya pengaruh dan keterkaitan antar faktor terhadap performa turbin air. Metode yang digunakan saat ini menggunakan metode computational fluid dynamics, dikarenakan agar bisa mendapatkan fenomena yang tidak bisa diperoleh pada saat eksperimen, seperti kontur kecepatan, kontur tekanan dan vektor kecepatan. Penelitian ini diharapkan bisa sampai ke pembuatan prototype, sehingga nantinya dapat di implementasikan.

Leave a Comment