Kamis, 07/03/2020, Fakultas Teknik dan Sains mengadakan kegiatan workshop pengembangan kurikulum dan rencana penguatan kompetensi lulusan bagi Program Studi di lingkup teknik dan sains.


Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Rapat Fakultas Teknik dan Sains ini dihadiri oleh dekan, wakil dekan, ketua program studi, dan perwakilan dosen. Pada kegiatan ini, Program Studi Teknik Mesin diwakili oleh koordinator program studi, Dwi Purwanto, S.T., M.T. Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menyusun kurikulum berbasis “Merdeka Belajar kampus Merdeka”. Kurikulum yang mulai digaungkan di tahun 2019 ini memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dengan cara menempuh pendidikan di luar program studinya pada universitas yang sama, atau menempuh pendidikan yang sama di universitas yang berbeda, atau mengikuti pembelajaran di program studi yang berbeda di universitas yang berbeda, atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Pemateri dalam kegiatan ini adalah Marwan Effendi, Ph.D, seorang akademisi dari Universitas Muhammmadiyah Surakarta. Dalam kegiatan ini, beliau banyak menyampaikan hal-hal terkait proses perancangan kurikulum program studi seperti penetapan profil lulusan, perumusan capaian pembelajaran lulusan (CPL), penetapan bahan kajian dan mata kuliah, serta penyusunan matriks organisasi mata kuliah, dan lain sebagainya.

Dalam rangka survey kebutuhan pasar (market signal survey) pengguna lulusan, maka dalam kegiatan workshop ini diundang pula praktisi dunia industri dari PT. Indonesia Power tbk. Seorang praktisi dalam penyusunan kurikulum diperlukan dalam rangka memberikan gambaran kepada program studi tentang profil lulusan yang dibutuhkan di era industri 4.0. Melalui gambaran profil lulusan, maka sebuah program studi dapat menentukan kajian program studi, CPL, mata kuliah, bobot satuan kredit semester (SKS) dan matriks mata kuliah.

Leave a Comment