Jumat 23/10/2020 Program Studi Teknik Mesin menyelenggarakan kegiatan pelatihan engineering software. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang software-software yang banyak digunakan oleh mereka yang yang berkecimpung di dunia Teknik Mesin dan Teknik Industri. Dalam kegiatan ini, diperkenalkan dua jenis software, yaitu Solidwork dan AutoCAD.


Adapun trainer dalam kegiatan pelatihan ini adalah dosen Teknik Mesin UMP, yaitu Reza Azizul Nasa Al Hakim, S.T., M.T dan Eqwar Saputra, S.T., M.T. Autocad adalah computer aided design yang sering digunakan untuk menggambar dan mendesain komponen body maupun komponen mesin. Kelebihan dari Autocad dibandingkan dengan software lain adalah dapat menggambarkan bentuk 2D dan 3D.

Pada pelatihan ini, mahasiswa diberi pengetahuan dasar tentang fungsi basic toolbar Autocad kemudian dilanjutkan dengan praktik menggambar komponen mesin dengan Autocad yang dipandu oleh trainer. Selain Autocad, Solidwork juga merupakan salah satu software popular dikalangan insinyur. Solidwork merupakan CAD software yang yang banyak digunakan oleh perusahaan manufacturing di Indonesia.

Software hasil produksi Dassault Systemes ini memiliki fitur feature—based, parametric dan solid modelling, yang dapat dengan mudah digunakan untuk mengubah gambaran 2D menjadi bentuk 3D . Kelebihan yang dimiliki Solidwork adalah, hasil rancangan yang dibuat dapat dianimasikan, diekspor, dan disimulasikan.

Leave a Comment