Dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusannya dalam teknologi welding (pengelasan) maka pada Rabu 20 Okttober 2020, Program Studi Teknik Mesin menyelenggarakan Seminar bertajuk “Peran Welding Dalam Perkembangan Industri Fabrikasi, Konstruksi & Perminyakan”. Pembicara dalam kegiatan ini adalah seorang praktisi dari PT. Kawan Lama sekaligus dosen dari salah satu perguruan tinggi swasta, Oscar Haris, S.T., M.T.


Pada kesempatan ini, pembicara menyampaikan bahwa welding merupakan salah satu bidang yang tidak bisa dilepaskan dari industri manufaktur, seperti industri mesin, logam, dan otomotif. Sebagian besar proses produksi pada industri tersebut menggunakan teknologi pengelasan dalam menyambungkan setiap komponennya. Dengan meningkatnya pertumbuhan induustri manufaktur di Indonesia, maka bisa diperkirakan bahwa kebutuhan terhadap ahli pengelasan di masa mendatang juga akan meningkat. Dalam bidang pengelasan, ada beberapa kualifikasi yang berpeluang diisi oleh insinyur Teknik Mesin, yaitu: Welding CoordinatorWelderWelding Inspector, dan Non-destructive Testing (NDT) personnel.

Untuk dapat bersaing mencari peluang kerja dibidang pengelasan, maka seseorang insinyur Teknik Mesin harus memahami terlebih dahulu teknik dasar dalam setiap jenis metode pengelasan. Shielded Metal Arc Welding (SMAW) merupakan teknik pengelasan dengan menggunakan busur listrik yang dapat menghasilkan loncatan elektron untuk mencairkan logam . Gas Metal Arc Welding (GMAW) proses pengelasan dengan menggunakan kawat penggulung dan gas pelindung yang dapat mencegah terjadinya oksidasi saat pengelasan. Gas tungsten arc welding (GTAW) adalah pengelasan yang dilakukan dengan menggunakan busur antara tungsten elektroda (non konsumsi) dan titik pengelasan. Selama proses pengelasan digunakan gas pelindung dan tanpa penerapan tekanan.

Teknik pengelasan ini banyak digunakan dalam industri karena hasil las yang berkualitas tinggi. Submerged Arc Welding (SAW) adalah proses pengelasan dengan cara memadukan material yang akan dilas melalui pemanasan dan pencairan metal induk dan elektroda oleh busur listrik. Pada tahapan ini arus dan busur lelehan metal diselimuti dengan butiran flux di atas daerah yang dilas. Flux cored arc welding (FCAW) merupakan teknik pengelasan yang menggunakan arus AC atau DC sebagai sumber energi pengelasan. Teknik ini merupakan perpaduan dari teknik SMAW, GMAW dan SAW. Kualitas pengelasan itu sendiri dapat dinilai dari beberapa parameter, seperti: produktivitas yang dinilai dari nilai deposition rates, kecacatan hasil akhir, sumber energi, jenis material, dan perhitungan ekonomi.

Leave a Comment